Service center handphone maupun produk lainnya adalah hal yang sangat bermanfaat. Kadang alat elektronik secanggih dan semahal apapun, tidak luput dari kesalahan produksi.
Hal ini pernah saya alami sendiri ketika membeli hp secara online, kemudian rusak. Saya pun langsung mencari alamat service center terdekat. Alhamdulillah, dapat pelayanan yang memuaskan.
Berangkat dari pengalaman sering ditanya atau memerlukan alamat service center di Solo, akhirnya saya pun mengumpulkan alamatnya di sini.
Kenapa Solo? Karena saya sendiri tinggal di Solo. Semoga tulisan ini juga bermanfaat untuk yang lain:
Service Center Handphone:
Memastikan alamat service center adalah salah satu tips membeli hp online. Tujuannya, ketika rusak, dapat segera dibawa ke service center terdekat.
Karenanya, tulisan ini saya mulai dari service center untuk berbagai merek handphone. Berikut alamat service center handphone yang ada di Solo:
Samsung Solo
Alamat: | Solo Grand Mall Lantai 3 Blok G1, Jl. Slamet Riyadi No. 273, Kota Surakarta, 57141, Jawa Tengah, Indonesia |
Jam Operasional | Senin – Minggu : 11:00 – 20:00 *Kecuali hari libur nasional |
No Telepon | 0800-112-8888 & 7777 (Mobile) |
Informasi Tambahan | Informasi tambahan : *. Waktu kunjungan service di waktu lenggang yang disarankan : 18:00 – 20:00 *. Perbaikan produk bergaransi dan tidak bergaransi |
Gmap | Klik disini |
Xiaomi Service Center Solo
Alamat | Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru Ruko Komplek The Park, Block C No, 16, Madegondo, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552 |
Jam Operasional | Senin-Sabtu: 10.00 – 18.00 Minggu 10.00 – 14.00 |
No Telpon | (0271) 5722734 |
Gmap | Klik disini |
Salah Satu Ulasan Pengguna:
Saya kesini dengan tujuan memperbaiki redmi note 8 saya yang terkena masalah di lcd, sesampainya disana langsung di cek dan suruh menunggu, walupun pelayanan nya cukup lama namun dengan hasil yang saya dapat saya cukup puas,.. rekomended banget buat pengguna device dari xiaomi yang memiliki masalah dapat langsung datang kesini, selama masih dalam masa garansi maka akan dilayani dengan baik dan pelayanannya gratis termasuk harga dari beberapa sparepart nya
Ryan Warendra
OPPO Solo
Alamat | Jalan Dokter Rajiman No. 216 Pasar Kembang, Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, Surakarta, Jawa Tengah |
Jam Operasional | Senin to Minggu 09:00-17:00 |
No Telpon | (0271) 2934077 |
Gmap | Klik disini |
Vivo Solo
Alamat | Jl. Gatot Subroto, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152 |
Jam Operasional | Senin to Minggu 09:00-18:00 |
No Telpon | (0271) 7890488 |
Gmap | Klik disini |
Asus Solo
Alamat | Jalan Dokter Rajiman No. 216 Pasar Kembang, Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, Surakarta, Jawa Tengah |
Jam Operasional | Senin – Jum’at: 09.30 – 17.00 Sabtu: 09.30 – 12.00 Minggu: Tutup |
No Telpon | (0271) 2934077 |
Gmap | Klik disini |
Realme Authorized Solo
Meski secara brand sudah terpisah dari induknya OPPO, tetapi untuk service center, realme masih menjadi sastu dengan OPPO. Hal ini dilihat dari alamat yang dicantumkan oleh realme dalam situs resminya.
Alamat | Jalan Dokter Rajiman No. 216 Pasar Kembang, Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, Surakarta, Jawa Tengah |
Jam Operasional | Senin to Minggu 09:00-17:00 |
No Telpon | (0271) 2934077 |
Gmap | Klik disini |
Lenovo
Unicom Care
Mengenali Jenis Garansi:
Berbicara service center, tentu tidak lepas dari kaitannya dengan jenis garansi. Sebelum membeli hp baik online maupun offline, pastikan untuk mengetahui jenis garansinya.
Sebab, ada beberapa jenis garansi. Hal ini terkait dengan proses klaim garansinya, kemana harus memproses garansi tersebut.
1. Garansi Resmi
Garansi ini merupakan garansi dari produsen atau pemegang dagang. Garansi jenis inilah yang bisa dibawa ke service center resmi dari setiap brand.
Jenis ini diedarkan oleh distributor resmi dari setiap brand yang ada.
2. Garansi Distributor
Ini merupakan garansi distributor independen. Biasanya, ini merupakan barang Black Market (BM). Sering disebut garansi distributor.
Untuk layanan garansi kerusakan, tidak ditangani oleh service center resmi. Kerusakan di masa garansi, dikembalikan kepada distributor.
Beberapa contoh garansi distributor independen adalah WIN, WII, Bless, T-cell, dan Platinum.
3. Garansi Toko
Garansi ini diberikan oleh toko yang menjual ponsel. Apabila ada kerusakan apapun, maka buyer hanya bisa membawanya kembali ke toko tersebut.
Biasanya, garansi toko lebih singkat daripada garansi resmi ataupun garansi distributor independen.
Untuk pembelian offline, biasanya ada garansi ganti barang selama 1×24 jam. Setelah itu, garansi diurus sendiri ke service center resmi apabila produk tersebut bergaransi resmi.
Garansi Meliputi Apa saja?
Sebagai pengguna, perlu mengetahui garansi handphone meliputi apa saja. Jangan sampai karena ketidaktahuan, mengakibatkan kerugian material dan non material.
Material dalam arti biaya yang dikeluarkan untuk penggantian. Padahal masih termasuk bagian yang ditanggung oleh garansi.
Non material meliputi waktu, tenaga, dan ’emosi’ yang dikeluarkan dalam proses klaim garansi.
Berikut beberapa bagian yang termasuk bagian garansi:
1. Part
Spare part yang menjadi ‘kesalahan produksi’ menjadi bagian yang akan digaransi.
Dalam proses pembuatan hp dan sebelum mengeluarkan hp, vendor melakukan uji ketahanan hp dengan berbagai simulasi.
Karenanya, vendor memberikan masa garansi. Dalam masa garansi tersebut, dalam penggunaan normal, hp tidak akan rusak.
Apabila ada kerusakan, maka dimungkinkan termasuk bagian ‘kesalahan produksi’ atau ‘apes’ nya pengguna.
Part yang tidak masuk garansi adalah: charger dan headset / earphone.
2. Jasa
Jasa penggantian sparepart selama masa garansi adalah free. Pastikan anda tidak dikenai biaya apabila memang terjadi kerusakan karena kesalahan produksi.
Kecuali apabila itu adalah karena kerusakan penggunaan. Meskipun masih bergaransi, bisa jadi anda akan dikenai jasa service. Kadang biaya jasa service hampir sama atau lebih mahal dari harga spare part yang diganti.
3. Waktu Garansi
Garansi bukan sekali pakai. Dalam arti, apabila anda sudah pernah ke service center, kemudian garansi hangus.
Garansi terikat dengan waktu. Apabila terjadi kerusakan lebih dari satu kali, dan itu bisa dipastikan adalah kerusakan produksi, maka dapat diklaim garansinya.
Bahkan berkali-kali, selama waktu garansi masih ada, dapat diklaim garansinya.
Jenis Kesalahan Penggunaan:
1. Over Charge
2. Konsleting Listrik
3. Jatuh
4. Terendam Air
Tips Datang ke Service Center
1. Mempersiapkan Kartu Garansi
2. Jangan pernah membongkar sendiri
3. Bukan kesalahan pengguna
4. Kuat dalam argumen
Pertanyaan Seputar Service Center:
- Bisakah Kirim saja tanpa harus datang?
Dari beberapa ulasan pengguna di service center resmi, ada yang mengatakan bahwa garansi bisa diklaim dengan cara dikirim. Tentunya, untuk proses biaya pengiriman diluar tanggung jawab service center.
Agar pengiriman aman, pastikan juga bahwa dikirim dan dipacking dengan bubble wrap. Jangan sampai setelah diservice, malah rusak lagi.